Banding keberatan atas penetapan nilai pabean untuk barang import

Seringkali kita mendapatkan * Notul untuk kekurangan bea masuk import atas pajak barang yang kita import. Notul ini biasa muncul setelah adanya PIB dan pajak yang kita transferkan. Dan biasanya ada 2 bentuk Notul yang muncul. Hal ini dapat kita lihat dari jenis suratnya tegurannya atas pajaknya, yang pertama itu bisa menyampaikan keberatan dulu ke Bea dan cukai setempat. Dan yang kedua langsung keberatan disampaikan ke Pengadilan pajak.

SPTNP

Apabila mendapatkan Notul tersbut diatas, baik yang bisa mengajukan keberatan ke kantor Bea dan Cukai setempat atau ke Pengadilan pajak, hal yang terpenting adalah kita harus membayar kekurangan tersebut sehingga barang bisa dikeluarkan ( proses pengeluaran ). Apabila tidak melakukan pembayaran ya barang ngga akan bisa dikeluarkan.

Penyampaian dokumen keberatan untuk di Perben ( Bea Cukai setempat ) atau di Pengadilan Pajak biasanya ada batas waktu nya dari tanggal dikenakan Notul. Maka dari itu harus di siapkan dokumen kelengkapannya, dan surat keberatannya. Dalam surat keberatan tersebut sebaiknya dituliskan dengan jelas alasan kita mengajukan keberatan dan disertai dengan bukti akan lebih bagus. Bukti bisa berupa hasil lab dari laboratorium yang merupakan standrad uji test * seperti laboratorium Bea dan cukai –

Selanjutnya kita siapkan dokumen kelengkapannya, PIB set dan semuanya doc yang diperlukan. Untuk keberatan di Bea dan cukai setempat kita bisa menyampaikan nya langsung ke kantor Bea dan cukai. Dan untuk ke Pengadilan Pajak, boleh langsung atau bisa juga melalui Pos. Harap diperhatikan kalau melalui pos jangan sampai dengan lewat tanggal dr batas penyampaian pun demikian bila disampaikan langsung. Apabila lewat tanggal tersebut secara otomatis maka akan dianggap gugur.

Selanjutnya adalah proses menunggu jawaban dari kantor bea dan cukai ( apabila keberatannya di bea dan cukai setempat. ) setelah itu kita akan mendapatkan jawaban. Keberatan di tolak atau keberatan di terima Рapabila di tolak maka langkah yang selanjutnya adalah pengajuan banding ke pengadilan pajak. Setelah proses pembuatan surat dann kelengkapan disampaikan maka kita akan menunggu jadwal panggilan untuk sidang. Sidang ini nanti akan ada hingga beberapa kali * tiap kasus akan berbeda beda. Disini ada proses klarifikasi dokument, terus ada juga alasan penyampaian banding dll. Setelah sidang selesai, itu juga masih nunggu beberapa saat baru dikeluarkan putusan menang atau kalah. Apabila menang maka kita bisa mengurus pengembalian kelebihan  pajak yang telah kita setor. Proses banding di Pengadilan Pajak bisa mencapai masa =/- 1 th. cukup lama bukan ???

selamat mencoba….

Advertisements

12 thoughts on “Banding keberatan atas penetapan nilai pabean untuk barang import

  1. Selamat malam mba/bu andrea..Ada yang mau saya tanyakan mengenai barang yang ada di tempat penimbunan pabean/tpp.
    Kita nya bisa membalas komentar saya.Terimakasih

    Like

    1. Bukan bu andrea,yg mau saya tanyakan ini mengenai barang sitaan bea cukai tj.priok yang ada di tpp..biasa nya kan di jual dengan cara di lelang tuh setua saya..kira2 bisa apa ga ya kalau mau beli brg sitaan tersebut (bmn),tanpa harus melalui lelang atau bisa di bilang under table?mungkin bu andrea bisa bantu beri informasi.Terimakasih

      Like

      1. Oh. Untuk barang yang di TPP berbeda dengan yang Di Penumpukannnya TPS. Kalau TPS biasanya Yang ngadakan bea cukai. Kalau sekarang ngga bisa pak tanpa lelang. Semua dengan lelang. Kalau di TPP biasanya pengumumannya di bea cukai setempat juga dan dengan lelang. Kalau ngga lelang ngga bisa. Tapi kalau misalnya pengen d menangkan ya ikutan lelang terus nanti biasanya diatur sama orang Balai lelangnya. Kalau yang barang ngga umum dan jarang pembeli biasanya ya importirnya sendiri.
        Barang2 lelang macam2 pak. Ada mobil spare part, besi dll banyak. Ngga mesti sama dari lelang ke lelangnya.

        Like

  2. Ya bu andrea,rencana yang mau saya beli itu mobil..kebetulan mobil tsb sudah tdk dijual lagi baru-nya.saya cari2 info via inet,dapat info ada unit tersebut yang ternyata adl brg sitaan negara dan posisi nya di tpp msa-cilincing.setelah saya kesana,baru dapat info acara lelang sudah selesai,tapi mobil yang saya incar ternyata tidak ada peminat nya/tidak terjual. Nah saya mau beli mobil itu,apakah harus menunggu next lelang kalau begitu?

    Like

    1. Di MSA ya ? Yang Dodge kah ?
      Iya pak, biasanya nunggu sampe lelang berikutnya. Kalau ngga mau nunggu Bapak hubungin balai lelangnya – kalau msa saya cek dulu balai lelangnya mana. Kalau transcon biasnya pake bale lelang bumi jaya
      Nah dr bale lelang bapak sampaikan keinginan untuk membeli barang tersebut
      Biasanya balai lelang memberikan informasi pagu pembayarannya ( kalau ngga pake lelang ya ). Saya kurang tau apa di msa bisa begitu. Saya dulu dengan transcon dan L4, msa juga tapi saya yang ngurus risalah lelangnya : dengan balai lelang bumi jaya.
      Barang yang saya ambil di msa adalah container berisi scrap.
      Kalau untuk kendaraaan kan ada formnya yang untuk buat bpkb jadi kayaknya pakai risalah lelang.
      Mesti lewat perantara balai lelang.
      Kalau ngga ada kenalan sama orang lelangnya MSA bapak nunggu sampai next lelang. Biasanya 6 bln lagi. Pagu harga turun.

      Kalau ada yang krg jelas bisa hub nomer saya pak. 081.2686.02009

      Like

      1. ya betul bu andrea,di tpp msa..mobil nya kia carens bu. kemarin di inet itu,saya lihat harga limit kendaraan pada saat lelang kemudian pas di tpp lihat unit-nya,kok harga limitnya menurut saya overpriced dengan spek unitnya (saya pikir unit tersebut tipe yang sama yang dijual di pasaran,ternyata tipe standar sekali,bahkan audio pun tdk ada). saya naksir dengan mobil kia carens,tetapi dg harga yang dipasang sedemikian tinggi,saya agak ragu,apalagi sy dpt info,kalau lelang masih harus membayar biaya administrasi +-6% dan biaya pengurusan bpkb. Maksud saya,seandainya saya berniat membeli mobil tersebut,namun di luar acara lelang dengan harapan bisa dapat harga dibawah harga limit,apakah bisa?kemarin di tpp msa saya bertemu petugas nya dan diberi cp pt. balai lelang rajawali karya a.n bp. chandra,namun belum saya hubungi dlu,karena saya masih perlu cari informasi/referensi mengenai niatan sy tsb.

        Like

      2. Biasanya memang kadang mahalan karena belum proses masalah balik nama juga. Kalau ke mahalan ya akan beberapa kali lelang pak. Lelang tahap 1 ngga ada yang mau ya diulang lagi. Iya betul 6% untuk beaya pengurusannya.
        Kalau mau diluar lelang , bapak hubungi pak chandra ( rajawali ) nanti ngomong kalau harga pasarannya di luar berapa. Terus sampe pengurusan berapa. Kalau di BC ( mobil import ) biasanya ngga dilihat speck apa merk mobil pak tapi CC nya. Untuk cc 2000 misalnya semua pajaknya sama. Contoh kayak mobil saya. Toyota premio ( th 2002 ) harga TPP 40 jt. Harga balik namanya kemaren cuman 10 jt soalnya plus tambah kaca film sama apa ya lupa saya. Itu pak.

        Like

      3. Mobil dodge aja di TPP transcon punya garasindo kemaren 280 jt ngga ada yang ngambil kok pak. Terus FOrd nya diangka 130 jt juga sampe 3x lelang. Ada juga wangler +/- 380 jt NIK 2018 ngga ada yang ambil lama

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s