Hal memberi dan menerima

Dua hari yang lalu saya ketemuan dengan salah seorang sahabat saya – saya banyak belajar berbagai hal dari sahabat saya ini. Yang kebetulan usianya memang beberapa tahun diatas saya. Topik saya malam itu adalah hal memberi dan menerima. 

Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah, demikian pesan Nabi SAW. Jangan pernah meminta. Kalau diberi, jangan menolak, demikian pesan Kiai Makhrus Hamami Ciwaringin.

Untuk menerima, orang sering tidak banyak pertimbangan. Tapi untuk memberi, banyak sekali pertimbangan yang kita kemukakan. Adakalanya dengan berbagai pertimbangan yang muncul membuat kita mengurungkan niat untuk memberi.
Tangan di bawah bukan tidak baik. Kalau diberi tanpa kita minta, halal dan tidak mengikat atau tanpa syarat, maka kita harus menerimanya. Karena itu sesungguhnya dari Allah, manusia hanya perantaranya saja. Tapi tangan di atas tetap lebih baik.
Marilah kita jujur pada diri sendiri. Di luar uang yang kita hasilkan karena kita kerja dan di luar uang yang kita berikan pada orang yang kerja pada kita, banyak mana uang yang kita berikan (sedekah) dengan uang yang kita dapatkan (diberi sedekah min haitsu la yahtasib)?
Ya Allah, maaf jika tangan ini kurang banyak memberi (bersedekah).
Saat ada teman pengusaha yang ngasih amplop 5 juta untuk THR, saat itu posisi tangan di bawah, walau boleh hukumnya. Ada kawatir  bertanya,”Mengapa tanganmu kurang sering berbagi? Mengapa tanganmu kurang banyak saat memberi? Mengapa kau rela hidupmu lebih banyak menerima daripada memberi? Saat kau menerima banyak, mengapa tidak memberi banyak?” Seharusnya, ketika kita menerima banyak – alangkah baiknya kita juga memberi banyak. Kita adalah perantara tangan Allah untuk menyambungkan rejeki yang telah kita terima. Sebagaimana saya menerima rejeki yang cukup – kok rasanya masih memberi terlalu sedikit. 

Ampunkan saya ya Allah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s