Hal meminta maaf..

Beberapa saat yang lalu, kami mendapatkan teguran untuk seluruh departemen dari Direktur kami. Bukan hal yang biasa untuk kami, mengingat Direktur kami sebenernya orang yang paling halus. Bahkan ngga pernah marah. Namun bagi kami sekali ditegur walaupun lewat surat tentu hal yang sangat mengejutkan. Teguran tersebut berkenaan dengan adanya email yang masuk ke sistem kami. Karena ribut ngga karuan maka saya pun menyankan kepada orang yang tertera di email apakah itu emailnya. Ada beberapa email yang memang abal abal ( palsu ) dan ada 1 email yang asli. Bagi kami email yang palsu bukan menjadi masalah. Karena memang sudah ngga jelas ( palsu ) namun yang asli yang menjadi masalah. Email tersebut berkenaan dengan internal management perusahaan yang memang tidak semua orang dan perusahaan mempunyai. Dan ketika ada email yang cukup mengganggu ahkirnya, kami semua mendapatkan teguran. Terlebih salah satunya merupakan email asli. 
Salah satu konsekwensi apabila dari departemen kami yang membuat masalah tersebut maka sseluruh departmen akan digeser ( digantikan ) entah dikeluarkan atau pun di geset. Sebenernya saya bisa saja ngga ikut2 dengan masalah ini. Atau bahkan tidak memikirkan lagi. Karena memang saya sudah pindah dari posisi departemen ini. Namun pihak managemen meminta saya untuk membantu menyelesaikan perselusihan antara pihak Departement dan Management. 

Setelah menelusuri kasus dan menilik email yang memang asli tersebut dan dari beberapa data di departemen saya dulu ahkirnya kami pun mengadakan diskusi dengan team management dan direktur tanggal 20 – june 2017 ( 18.30 – selesai ) setelah moment buka puasa. Pada intinya, dengan data yang ada dan bukan kesalahan atau ^ keusilan ^ pihak departemen kami menjelaskan secara gamblang dan jujur. Dan apabila ada salah seluruh departmen siap menanggung konsekwensi. Tak lupa kami meminta maaf apabila ada kesalahan yang dalam pekerjaan kami. Kami meminta maaf bukan karena kami salah – tapi karena respect terhadap direktur kami yang cukup sabar dan bijaksana – daripada mengedepankan ego kami. 

Dan walaupun ga salah minta maaf itu juga ngga akan menurunkan harga diri kita kok. Itu lebih enak kedepannya hubungan kami ssemua. Dan untuk permasalahan selanjutnya biar diselesaikan di bank data legal kami apabila ada lagi email yang masuk. Bukan menjadi wewenang kami – sementara sistem di kamipun juga telah dibenahi. 

 – Matur nuwun Bapak, kepercayaannya kepada saya dan segenap team departmen kami – 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s