Harapan..

 

harapanMenaruh harap itu seperti menanam sebuah bibit di dalam tanah. Kalau kita beruntung, kita mendapatkan bibit yang baik. Bibit itu akan tumbuh menjadi tunas, dan jika kita tahu cara yang benar untuk merawatnya, tunas itu akan tumbuh subur menjadi sebuah pohon. Kita dapat menikmati keindahan bunganya atau bahkan manisnya buah yang dihasilkan oleh pohon tersebut.

Sebaliknya, kalau kita belum beruntung, kita mendapatkan bibit yang buruk; yang mungkin tak akan pernah tumbuh sesenti pun. Padahal bisa jadi kita pandai dan sabar merawatnya. Tapi semua itu sia-sia. Sampai seribu tahun pun, kita tak akan dapat menikmati apa pun. Jangan bermimpi untuk melihat sehelai anak daun yang tumbuh dari bibit tersebut.

Manusia tak perlu suka berkebun atau bercocok tanam untuk mengerti resiko dari berharap. Ketulusan, kesabaran, keikhlasan, dan keuletan saja kadang tak cukup untuk memenuhi sebuah harap. Ada faktor lainnya yang disebut “keberuntungan”. Bibit yang kita tanam itu tak mungkin bisa kita tanyai, “Apakah kau akan berakhir dengan kesia-siaan, ataukah kau layak untuk kusiangi dan kurawat sepenuh hati?” Tidak, sayangnya kita tak bisa melakukannya. Hanya waktu yang dapat membuktikan, apakah bibit itu memang benar-benar unggul, atau bibit itu adalah bibit yang mandul.

Tak ada jaminan yang pasti dari setiap perjuangan yang kita lakukan. Karenanya, kalau kita bijak, kita akan membuat tenggat waktu. Untuk apa menanti sesuatu yang tak akan bertunas? Atau, apa salahnya sebentar saja sabar menunggu untuk sesuatu yang buahnya manis di kemudian hari?

Hidup itu, perjuangan itu, penantian itu, semuanya adalah judi. Jangan pertaruhkan semua uangmu di atas meja. Lebih baik gunakan uang yang masih tersisa untuk membeli benih lainnya. Satu hal yang pasti: Jangan pernah lelah untuk berharap, karena kesialan dan keberuntungan memang datang silih berganti.

Lain kali, tanam bibitmu di tanah yang lebih subur, mungkin?

Yang penting, tanam sajalah dulu.

_ dear Connie _

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s