Banding di Pengadilan Pajak

Setelah beberapa kali menjalankan sidang banding atas penetapan bea masuk ahkirnya tanggal 12 Juli kemarin saya mendapatkan panggilan untuk mengikuti Pengucapan Putusan . Karena banding ini terlalu lama sekali setahun lebih, sempat beberapa kali saya mendapatkan teguran. Kenapa lama sekali. Dan apa hasilnya selama ini. Bagi perusahaan memang ini sudah cukup lamaa sekali, apalagi bagi saya yang bersentuhan langsung tentu sangat capek. Sidang beberapa kali bolak balik mikirin jawaaban. Bukan hanya masalah logika atau ngomong nya yang dipelajari tapi banyak hal diantaranya hasil lab dan sifat dari barang tersebut. Kalau ngga mengenal barang tersebut dari dasar pasti akan sangat susah. Dan saya sarankan anda menggunakan kuasa hukum. Saya bukan akan mengecilkan nyali anda kalau menghadapi sendiri masalah ini tapi anda pasti akan merasakan pusingnya ketika kata kata dan product knowladge barang dan sistem import kita dijadikan satu. Belajar dari hasil lab dan juga pengetahuan produk yang kita tahu selama ini cukup sangat menyita pikiran. Saya aja kalau ngga ada temen yang mengolah kata kata, kelabakan. Karena memang dalam persidangan semua bukti harus klop. Kalau kita bertahan barang benar ya tetep di awal sampai ahkir mengatakan bener di dukung pengetahuan produk dan hasil lab. Hasil lab pun harus kita pahami karena lab yang selama ini tdk mengatakan secara transparan barang ini masuk kode hs berapa tapi disebutkan unsur2 nya saja dan kita yang menganalisanya.

Setelah proses sidang yang berjalan beberpa kali dan memakan waktu 1 th lebih ahkirnya, tanggal 12 kemaren kami mengikuti putusan pengucapaan hasil sidang. Setelah berdebar debar sekian tahun. Ahkirnya hari itu kami mendapatkan jawaban bahwa ^ pengadilan megabulkan pengembalian bea masuk kami ^ yang berati kami – menang – 😀😀😀 matur sembah nuwun Gusti. 

Terus terang saya sendiri sedikit kaget dengan putusan, karena kalau yang lain menggunakan pengacara pengacara hebat seperti Richardo Gelael – untuk banding salah satu perusahaan automotive terkemuka di indonesia. Perusahaan kami menggunakan saya dan asisten yang kebetulan bener bener awam dalam bidang ini. Tapi mau ngga mau kami harus coba untuk belajar. Dengan segudang keraguan dari owner dan temtu saja dari legal kami ahkirnya tugas ini saya selesaikan dengan baik. Matursembah nuwun Gusti. Kalau bukan karena kehendakNya dan siang malam saya minta untuk memberikan kekuatan , memberikan pencerahan ahkirnya atas kehendakNya perusahaan kami memenangkan banding gugatan beas masuk yang nilainya cukup lumayan – kalau cuman dibawah 10 M tentu si boss ngga mau ngikuti banding karena rugi di waktu dan pikiran. Tapi karena cukup sangat besar mau ngga mau ya banding. Terima kasih jga kepercayaannya yang diberikan dalam keraguan 🤣

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s