Haji – 2017

IMG_8902

Usia senja bukanlah salah satu hal yang menghalangi untuk menjalankan ibadah haji. Sama halnya dalam menjalankan ibadah haji, yang merupakan panggilan … Dan pada tahun ini, selain di usia yang sudah senja kedua orang tua saya barusan juga mendapatkan kuota untuk keberangkatan haji. Ada sebenernya haji VVIP yang ditawarkan oleh agent pemberangkatan – biasanya mendapatkan kuota dari instansi atau perusahaan, semisal perusahaan minyak yang mempunyai kuota haji beberapa orang. Namun tentu saja selain mahal harganya juga waktunya bisa singkat ngga lama lama, dan juga fasilitasnya pasti nomer satulah. Tahun ini ngga sampai 6 th menunggu dr pendaftaran haji – orang tua sudah bisa berangkat ke tanah suci. Awalnya beliau merupakan cadangan dari kuota pemberangkatan DIY ( Yogyakarta ) – namun karena bapak sudah lebih dr 70 th dan pada tahun ini sudah menginjak 80 th lebih, maka kami mengajukan untuk pemberangkatan awal dengan alasan yaitu lansia. Dan ahkirnya, pengajuan kami untuk pemberangkatan diterima. Jadi tahun ini bisa berangkat ke tanah suci.. Tahap selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan. Setelah diperiksa, ternyata ibu ada penyakit diabetes yang cukup tinggi. Worried juga awalnya, namun dokter yang ditunjuk dr Depag di Yogya cukup baik. Ibu diperiksa beberapa kali tes dan diberikan obat serta terapi cara makan, yang ahkirnya bisa turun gula darahnya dr 600 menjadi 428.. ngga nyangka juga. Dan alhamdulilah bs berangkat, hanya nanti diberikan obat obatan selama 2 bulan. Adapun bapak hanya mengalami tensi yang sedikit tinggi, dan juga prostat. Prostat memang sempat bermasalah karena pasca operasi kemarin bulan Febuary. Dan alhamdulilah semuanya berjalan baik, diperbolehkan untuk menjadi bagian dalam keberangkatan kloter 25 dr Yogyakarta tanggal 5 Agustus 2017. Selanjutnya dalam masa puasa dan sebulan sebelumnya, bapak ibu sibuk menjalankan manasik haji. Bersama rombongan Bina Umat Yogyakarta. Saya bilang cukup sangat bagus pembinaannya dan pengarahannya. Jelas. Prosesi manasik selesai, dilanjutkan dengan pamitan haji bersama Depag jogya, dan  istirahat seesaat untuk menjalankan beberapa aktifitas dan melengkapi keperluan yang dibawa selama ke tanah suci.Cukup lumayan banyak, dan saya sarankan membawa yang penting2 aja biar ngga berat. Sedangkan untuk aktifitas yang bapak ibu kerjakan, salah satunya adalah pamitan haji. Minta maaf dan mohon doanya selama menjalankan ibadah haji.

Acara pamitan haji ini, memang tidak wajib dirayakan sebesar besarnya, cukup pantas sudah cukup. Se iklas kita dalam mengadakannya, mungkin dengan memanggil keluarga dan tetangga temen untuk acara yassinan dan makan makan. Namun memang ada juga yang berkunjung datang ke tetangga satu satu – lebih ngirit. Karena ngga ngeluarin biaya, malah gratis… tapi semuanya kembali ke orangnya masing masing.

Yang jelas inti dari menjalankan ibadah haji setelah pulang dr haji semoga akan membawa kebaikan untuk ahlak dan ibadahnya. Yang dulunya ngomong nya kasar mulai di redam, ngomongnya banyakin yang bagus. Bagi yang dulunya kurang bersedekah, sebaiknya mulai sedekahnya lebih lagi. Dan orang menjalankan ibadah haji itu lebih berat lo, daripada yang belum. Orang akan memandang gelar haji orang dan apabila si penerima gelar ini ngga bisa merubah ahlaknya pasti akan menjadi beban yang lebih berat. Dan semoga setelah berangkat, ibadah, amal dan ahlak bapak ibu semakin baik – semakin menjadi cermin untuk kami anak anaknya.

Amin

IMG_8927

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s