NPCT1 – terbaru dan terlama

IMG_5500[1]

Beberapa hari belakangan ini saya bener bener disibukkan oleh complain dari customer saya yang terkena jalur merah ( pemeriksaan fisik ) di pelabuhan, terutama yang kapalnya pada sandar di NPCT 1. Salah satu TPS yang diresmikan oleh Pak Jokowi beberapa saat lalu. Bukan malah pelayanannya cepet tapi lambat banget. Relokasi aja dari klik dapat pemeriksa bisa sampe 5 harian. Dan kemarin bener bener 7 hari saya baru bisa periksa. Ada juga sih customer Bandung yang teriak teriak karena sudah terlalu lama menunggu. Sementara biaya demurage untuk import kita hanya dapat free detention days 7 hari dan selanjutnya dikenakan biaya. Ambil kata, dari kapal datang – kita submit PIB – ( 1 hari ) – respon billing – ( 1 hari ) – dan respon SPJM ( 1 – 2 hari ) selanjutnya klik pemeriksa- dan sampe dengan pemeriksaan 7 hari – tunggu respon sppb ( 3 hari ), berapa waktu yang dipake untuk custom clearance ini ? 13 hari – 14 hari sementara detention days free 7 hari, selanjutnya bayar. Terus storagenya / 2 minggu udah lumayan besar. Mana tidak ada discount di NPCT 1 kecuali barang terkena NHI. Kebayang ngga berapa biaya pengeluarannya ? untuk 1 container aja pasti akan cukup lumayan, bagaimana kalau party nya banyak ?

saya sempet complain ke NPCT1 dan jawabannya ya maaf mbak, tunggu aja antriannya banyak. Sampai ahkirnya karena sudah di complain beberapa customer – saya sampaikan ke Pihak Bea dan Cukai Tanjung Priok. Dan jawabannya memang bukan wewenang Bea dan Cukai Tanjung priok. Memang sih bukan wewenangnya Bea cukai, tapi masak sih Bea cukai ngga bisa menegur ? Dan ternyata memang sudah dilakukan teguran. tapi ya tetep aja laamaaa…

Kalau hal kayak gini terjadi, yang bkin sebel seolah olah kami ( PPJK ) ngga kerja atau kerjanya lama padahal ya mesti gimana lagi – karena emang seperti inilah kondisinya. Mudah mudahan, ada pihak yang melaporkan ke Pak Jokowi lagi – paling tidak ada pembenahan. Masak kerjaa kok lama banget !!! demurage dan storagenya kan bikin nangis itu….

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s