Kasepuhan Cipta Gelar


Menginjak jalan yang menyusuri hutan – dengan pemandangan yang sangat mempesona mengingatkan setiap ruang dikepala beberapa tahun yang lalu. Jauh sebelum menikah, saya beberapa kali mengunjungi Kasepuhan Cipta Gelar – barengan sama temen temen Land rover community. Namun setelah menikah memang saya tidak pernah lagi kesini, apalagi karena tinggal di Bali jadi kalau kesini pasti pengen tapi males juga ngga ada temennya. Suara serangga hutan seakang menyambut kedatangan kami – hawa segar dan cukup dingin menembus tulang kami. Tapi semuanya membawa cerita dan kenangan tersendiri buat saya. Dan kali ini ke 5x nya saya mengunjungi Cipta gelar..

Saya suka dengan kasepuhan cipta gelar ini bukan karena pemandangan nya saja tappi salah satunya adalah tradisi adatnya. Cipta gelar berati terbuka atau pasrah. Dan mereka yang disini bener bener memegang teguh adat budaya leluhurnya. Hampir sepanjang jalan padi menghampar ketika kami memasuki kampung adat kasepuhan cipta gelar. Padi diperlakukan istimewa disini. Sebagai sumber kehidupan, menjual padi hasil panen masyarakat Ciptagelar adalah sebuah pantangan. Sama halnya menjual kehidupan mereka.Konsep bertanam padi warisan leluhur Kasepuhan Ciptagelar tanpa pupuk dan pestisida. Mengandalkan perhitungan perbintangan (astronomi). Abah Ugi sebagai tetua adat yang memutuskan kapan waktu yang tepat untuk mulai bertanam padi dan menuai hasilnya. Siklus bertanam padi setahun sekali inilah yang akan memutus kehidupan hama.

Penerapan adat istiadat dalam kehidupan sehari-hari dan kesenian tradisional dapat terdokumentasi dan diteruskan ke generasi muda melalui siaran CigaTV. Selain tv, juga ada radio yang dikelola sendiri.Itu nyentriknya Kasepuhan Ciptagelar berpegang teguh pada adat dan memilah-milih modernisasi yang bisa bersanding harmoni dengan adat karuhun. Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro yang menyuplai kebutuhan listrik desa Ciptagelar pun dikelola masyarakat sendiri. Penggunaan drone rakitan untuk memantau kondisi hutan adat bukan sekedar gaya-gayaan kekinian di sosial media.

Untuk ukuran desa adat, Ciptagelar termasuk modern. Mereka punya turbin pembangkit listrik tenaga air sendiri. Abah Ugi, pemimpin adat kasepuhan saat ini hobi bermain drone, bahkan lalu membuat drone sendiri dan mengajarkannya. Kampung ini juga punya stasiun radio dan stasiun televisi lokal yang tayang 24 jam. Meskipun penduduk Ciptagelar hanya panen sekali setahun, lumbung padi mereka cukup untuk persediaan pangan 3-5 tahun ke depan. Akses internet juga bukan sesuatu hal yang aneh di sini. Tergantung provider mana yang anda pakai.

Penduduk Ciptagelar tahu benar bahwa perjalanan menuju kampung mereka terbilang sulit. Keramahan mereka seolah penyembuh luka dan pengobat lelah. Sesuatu yang membuat anda merasa disambut. Keramahan yang membuat saya merasa bangga menjadi Indonesia. Ciptagelar adalah pelarian yang sempurna dari Jakarta yang gaduh. Dan mereka menyapa kami tanpa menggunakan topeng topeng hiasan diwajahnya.

Berbeda dengan tempat tempat lainnya yang saya kunjungi, di Cipta gelar kalau malam kita lapar, ngga ada tempat makan yang buka. Tapi kita bisa pergi ke rumah rumah penduduk untuk meminta makan. Rasanya sedikit ngga nyaman, tapi ngga apalah namanya juga kepepet. Dan merekapun dengan senang hati akan memberikan kita makan. Kemaren, karena ngga enak ati juga udah minta makan rombongan pula jadi kami pun memberikan kenang kenangan kepada mereka. Kami tau mereka tulus, dan merekapun tau juga bahwa kami datang karena kerinduan kami – kerinduan yang tidak bisa kami bayarkan hanya dengan sekedar cendera mata.

Terima kasih , Abah Ubi, ibu Tyas dan segenep warga Kasepuhan Cipta Gelar..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s