~ Mulut ~

Sometimes, mulut bisa menjadi manis. Namun bisa juga menjadi pahit. Berawal dari adu mulut sala seorang temen di group yang tersinggung dengan bercandaan temen. Mungkin juga lagi sensi, kita ngga tau. Tapi saya sarankan kalau mood lagi ngga bagus. Mendingan jangan banyak melihat group dan comment. Hasilnya pasti akan banyak terjadi persinggungan.

Kembali ke masalah persinggungan bahasa dalam penggunaanya memang sudah beberapa kali terjadi dlam group whatsapp ini. Kalimat bercandaan yang biasa pun. Kau ngga tepat penempatannya, dan pada saat penerima ngga mood juga akan menjadi masalah. Jadi sebaiknya, kalau memang lagi ngga mood ~ diam adalah cara terbaik.

Namun tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan diam. Ada yang hanya diam untuk tidak memperpanjang. Namun hatinya masih dongkol. Lha typical yang seperti ini yang sedikit berbeda. Kenapa? Karena pada waktunya nanti. Hal seperti ini akan terulang.

Kalau saya cenderung untuk bertanya. Bertanya ada yang sekiranya menjadi penyebab permasalahan dintara kami. Bukan membuka konflik tapi mencari solusi untuk menyelesaikan konflik tersebut. Sehingga dikemudian hari bisa tau kedepannya. Apa yang menjadi permasalahan. Dan berusaha tidak mengulang.

Sama halnya ketika salah seorang temen saya mengatakan bahwa saya mempunyai √ mulut √ yang sama dengan salah satu temen di group. Yang dikategorikan bahasannya ^ kasar ^. Dan ketika saya mempertanyakan ke temen saya. Apa yang membuat orang berpikiran seperti itu? Apakah saya pernah berkata kasar. Apakah saya pernah memaki maki, seperti temen dengan bahasa yang kasar tadi? Dan jawabanya katanya tidak. Tapi saya diminta memfoto mulut saya dan mulut temen tersebut untuk melihat persamaan. Jawaban yang sedikit konyol untuk saya sebenernya. Atau jawaban yang terlalu tinggi buat saya dengan bahasanya.

Apapun itu masalahnya. Bukan menggabungkan foto mulut yang utama. Tapi bagaimana kita menanggapi suatu masalah. Jangan hanya diam. Karena diam juga tidak akan menyelesaikan masalah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s