Ketika merasa..

Ketika kita merasa sudah menjadi baik. Pasti akan susah memperbaikinya

Ketika kita merasa pintar. Pasti akan susah pula diajarin

Dan ketika kita merasa benar. Maka pasti semuanya dianggap salah. Dan kita pasti akan semakin tinggi keinginan untuk merendahkan.

Bukan hal yang baru bagi kita mungkin. Kenapa mengajari orang orang yang merasa pintar itu susah. Setiap omongan dan ilmu yang disampaikan tidak akan dipahami bener 100%, mungkin baru 80% aja sudah merasa bisa. Dan mereka kekeh dengan pendiriannya. Bahwa mereka lebih pinter dari orang yang menjelaskan.

Dikepala mereka hanya terbersit apa yang dia serap. Apa yang dia tau dan alami tanpa mempertimbangkan respon apa dari luar. Bahkan dlam suatu kasus masalah, biasanya orang orang yang merasa pintar tidak pernah ingin mengetahui ataupun mendengar lawan bicara. Mereka hanya mendengar sebagian. Menjawab sedikit saja argumen atau pertanyaan orang lain. Dan selebihnya asyik dengan pikiran mereka yang merasa bahawa mereka lebih pintar.

Selanjutnya akan pada tahap bahwa mereka merasa benar. Ditahap ini susah banget orang mau memahami posisi orang lain. Hanya mereka yang seolah olah benar. Pertanyaan dan opini orang lain tidak akan menjadi ada dalam benak mereka 100%. Bagi mereka ya mereka benar dan orang harus bisa menjawab pertanyaan mereka – sementara pertanyaan dan opini orang lain salah.

Bagi saya mereka adalah orang orang yang egonya sangat rakus. Ego yang kelaparan dan tidak pernah puas dengan apa yang ada selama ini. Semoga egoku kenyaang dan tidak kelaaparan sebagaimana ego yang rakus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s