Bumi Lorosae, another story of culinary

Suasana berbeda dari kebanyakan kota yang pernah saya singgahi. Dibilang nuansanya Indonesia ngga masuk juga, orang semuanya serba dollar dan bendera Indonesia ngga ada. Dibilang luar negeri – emang luar negeri. Pun begitu dengan yang namanya penduduknya. Ngga ada merasa beda di negara orang. Selisih waktu 2 jam dari indonesia bagian barat bikin ngerasa jam di Loro sae jauh lebih cepat malam dan semuanya serba cepat

Dili sih sebenernya keliatan malah seperti kota tua tapi cantik. Terus terang saya seneng dengan bangunan rumah rakyat yang menggunakan pelepah lontar. Masih banyak di kawasan kota. Unik aja. Berkali kali mata ini mencari bangunan rumah rakyat seperti itu. Dan begitu mendapati rasanya memang seneng banget. πŸ˜‚πŸ˜‚ sambil sesekali orang nanya dengan bahasa tetun yang tentu saja saya ngga bisa. cukup smile dan bilang Obrigado …😁

Dalam perjalanan ke Dilli terus terang saya lebih menyukai membawa dollar langsung dr Jakarta dibanding pake debit. ATM mandiri di Dilli ngga bisa dipake tarik tunai dr nasabah mandiri yang bukan di Dili. Itu yang ngeselin. Dan karena saya pernah mengalaminya, makanya saya cenderung bawa uang cash. So, kalau mau ambil uang dr atm hanya atm ANZ yang bisa terima. 

Setelah saya selesaikan beberapa urusan dengan kolega di Diili. Saya pun bisa menikmati jalan jalan sama temen yang kebetulan jadi translator saya selama di Dilli. Rute pertama – sebagaimana biasanya selalu di Avenida Govendor letaknya di tepi pantai. saya suka menghabiskan waktu disini. Terutama melihat bangunan tua gaya konial yang dipake kantor European union. ngga ada bosennya kalau keliling Lorosae ini. πŸ˜‹ nah kalao makan recommended banget buat yang ngga bisa makan babi. Tapi pengen makan khas timor Leste.itu daerah kampung alor.Makanaan bakar bakaran banyak di sepanjang pantai Kalapa. Ada juga jagung bakar. Dan yang paling saya ngga suka makan ketupat pake sambel Abc. Ketupatnya rasa kunyit. Dan saya ngga gitu suka kunyit. Atau makanan yang berbau kunyit. Kalau kepepet ngga bisa makan makanan sini ada bakso cak man _πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

But, resto yang kemaren saya coba. Itu Resto vasco da Gama. Saya nyoba bukan katanya yang terkenal dan terbesar. Tapi karena namanya pake nama saya…Gama. πŸ˜‚. menunya kas Portuguis. Dan sungguh kalau mau nulisa saya ngga ingat nama namanya. Susah banget. Yang saya inget cuman suo dingin dari sayur dan diblender. Cumi di isi bubur ubi jalar – dan yang heboh emang harganya ! Cukup mahal. Untuk di Dilli. Di jakarta mungkin ngga juga. Antara 40 usd / orang.

But, at least karena hanya dalam hitungan hari dan sebagian juga waktu buat kerja. jalan jalannya ngga sebanyak banyaknya…tapi cukuplah buat ngerasain kuliner Loro sae πŸ½πŸ»πŸΈπŸΉβ˜•

Advertisements

Kuliner Cilegon

image

image

Di cilegon ada resto Beijing yang berlokasi di dekat kawasan industri lingkar. Resto yang lumayan rame dengan pengunjung asia yang tinggal dan bekerja di kawasan industry Lingkar. Untuk kota sekelas Cilegon, resto ini terbilang cukup enak. Dengan harga yang pantas. Makanan korea dan china..juga lumayan enak untuk resto di sana. Mungkin karena juga ngga banyak pilihan lainnya.

Kalau untuk menu indonesia, ada beberapa yang saya suka.
Bebek Pak Ndut, lokasinya di simpang dekat dengan pintu toll cilegon barat. Lumayan untuk bebek gorengnya. Tapi untuk kepala ayam, ayamnya cukup gede banget. Jadi malah ngeri. Sambelnya pedes mantap. Bagi yang suka pedas. Bagi saya malah ngga seneng.

Sop kontro di dekat cilegon plaza. Harga dan rasa lumayan. Yang saya suka sop kontronya. Ada beberapa juga menu makananan lainnya. Cuman saya jarang coba makan untuk disana menu yang lainnya.

Resto sari kuring
Lokasinya ditengah kota cilegon. Untuk makanan dan harga pantas. Ada bermacam macam menu disana yang bisa dicoba. Tempatnya juga enak. Biasanya banyak rombongan expatriate yang makan disana.

_ Novie Ardeani _

Kuliner Balikpapan

Kuliner memang menyenangkan, biar dimanapun yang penting nyobaiin makanan khas tempat yang dituju. Dalam beberapa kali kesempatan ke Balikpapan, ada beberapa tempat kuliner yang saya coba..

β™₯ Rumah makan Dandito. Ini makanan kepiting saus Dandito yang enak banget. Tempatnya juga luas. Tapi ngantrinya minta ampun. Kayaknya ngga pernah sepi.

β™₯ Rumah makan kepiting Kenari. Biasanya kalau ngga kebagian di Dandito, saya baru kesini. Kepitingnya gede gede. Dan kalau mau bawa pulang ke jakarta bisa pesan melalui telp. Nanti kita tinggal ambil saja.

β™₯ Restaurant Suky. Lokasinya di ruko baru Balikpapan. Menu andalannya Mantau – bakpau padat khas Balikpapan. Biasanya dihidangkan dengan berbagai menu khas ala Thionghoa. Untuk harganya cukup terjangkau.

β™₯  Soto Banjar Gunung Kawi. Tempatnya di dekat masdjid al Huda. Balikpapan.
Lumayan ternal soto ini. Biasanya ngantri juga sih. Tapi kalau pilihan menu yang ngga bikin kolesterol tinggi. Soto Banjar yang paling pas. Rasanya lumayan enak, sebanding dengan harga.

β™₯ RM Haur Gading
Lokasinya di dekat pusat cendra mata kebun sayur. Rumah makan ini masakannya yang terkenal ikan bakarnya. Cukup enak..:)

β™₯ Bingka kentang Balikpapan ( H. Amin )
Rasanya kayak kue lumpur kalau di jawa. Ada macem macem kalau rasa bingkanya, bingka kentang, bingka pisang, bingka telur, bingka coklat. Tapi yang paling enak, itu bingka kentang. Yang paling terkenal bingka kentang H amin yang ada di pelabuhan Semayang. Kalau mau dibawa pulang bisa pesan pagi. Soalnya kebanyakan siang sudah habis. 😘

_ Novie Ardeani _

Bubu Bali Resto – Nusa Dua

Lokasinya di depan Golf nusa dua atau tepatnya bersebelahan dengan Amanusa resort. Sekilas bangunannya hampir mirip dengan mak engking. Terkesan natural dengan bangunan bamboo nya. Bubu Bali resto ini saya dapatkan reff nya dari salah seorang teman di jakarta. Katanya masakannya enak, dan ikannya fresh. Ngga ada salahnya nyoba sih..mumpung di Bali. Dan kebetulan bersamaan dengan ketemuan temen lama di SMA. Kami datang bersama rombongan 11 orang, buat ngerasain menu Bubu Resto –
Menu yang kita coba ada, kepiting, kerang, ikan gurami, sapi lada hitam, ayam nya, dan tak lupa es cream.
Dan memang bener hampir semua masakan yang saya pesan rasanya enak di lidah. Kepitignya pass banget..ngalahin kepiting Cak Gundul yang konon tersebar enaknya di Sby dan Jakarta. Untuk harganya memang sih mahal. Tapi sebanding dengan puasnya rasa. Cuman untuk pemandangan…kalau mau nyantai tetep enak makan seafood di Jimbaran. Kalau rasa cenderung saya suka di Bubu Bali Resto πŸ™‚

image

image

image

Madioen Kuliner ( part 2 )

Ngomongin tentang kota kecil di jawa timur kelahiran saya, ada beberapa tempat kuliner yang recommended banget selain pecelnya. Salah satu yang saya suka adalah

Rujak cingur – jalan indragiri.

terkenal rujaknya dari jaman dulu sampai sekarang. Rasanya khas, dan kerasa banget petisnya. yang paling ngangenin kalau pas pulang ke madiun.

Depot Es Bajigur – Jln Cokroaminoto

Dari jaman saya masih di SD, depot es Bajigur ini sudah ada. Lokasinya di selatan Klenteng Madiun. Dulu, disini hanya ada es nya aja, tidak menyediakan menu makanan. Hanya cemilan seperti croket. lumpia. resoles dan tahu goreng. Saya suka banget dengan sambel khas lumpianya. Es bajigur ini isinya hanya kolang kaling, dibuat dari santan dan susu. Tiap pulang ngga pernah absen ke sini. sampai si pemilik hapal banget, soalnya dari SD saya langganan minum es disini. πŸ™‚

Gado Gado Pak Tomo

Jaman SMA saya baru ngenal gado gado ini, karena biasa diajakin sama mantan pacar kesini kalau minggu. Terahkir saya kesini mungkin beberapa bulan kemarin, rasa gado gadonya sudah ngga seperti dulu. Apa mungkin karena saya makannya ngga sama mantan pacar ya…hahhaha πŸ™‚

Depot Suronatan

Jaman waktu Sekolah di Madiun saya sering diajakin ibu kesini, ibu seneng sama es dawetnya. Biar kata orang lebih enak es dawet depan rumah saya, Es Dawet Kertobanyon. Tapi ibu saya seneng banget makan disini. saya kurang begitu suka es dawet jadi ya kalau kesini pas diajakin ibu aja. Kalau makan sendiri biasanya di Es Bajigur. the most fav es in Madiun. Ngga ada yang ngalahin pokoknya..

Depot Es Segar – jln Dr. Soetomo

Depot ini ada waktu jaman masa SMP, kebetulan yang punya temen dari TK. Sekarang di Bandung. Yang saya suka dari makanan disini adalah menu es yang macam macam, dan yamien mie nya. Es nya banyak banget menunya. mulai dari es kelapa muda, cinderella, bumi hangus,putri salju, es teler dll. cuman menu fav saya di sini Yamien manis dan es bumi hangus nya πŸ™‚

Depot Sido Mampir – jl. kol marhadi

Depotnya kecil disebelah barat alun alun madiun. Disini ada berbagai masakan mie ayam, bakso, siomay dan pangsit. Untuk es nya sih ngga banyak. Yang terkenal Mie pangsit nya, rasanya memang enak. Dengan harga yang lumayan tinggi untuk kelasnya kota kecil.

Gudeg Nori – Jaln Nori

Gudeg ini ngga ada namanya, hanya menempel di ruko kecil seberang pasar kawak madiun. Pas di pertigaan jalan nori ( sebelah timur ). Rasanya ngga seperti gudeg jogya yang manis banget. Gudeg nori ini rasanya ngga terlalu manis. cocok buat lidah orang jawa timur yang ngga begitu suka masakan manis.

Soto kondang – jl, Hos Cokroaminoto

Ngga anak, ngga emaknya…begitu kata orang. Saya gemar soto dan anak saya pun yang nomer 1 sangat suka soto. Kalau ditanya soto mana makan pilihan utamanya selalu jatuh di soto kondang. Rasanya memang ngga ada duanya kalau soto kondang ini. Soto ayam, dengan berbagai pilihan lauknya. Ada uritan. usus. hati ampela dll. Porsinya pun pas untuk kita, ngga banyak dan ngga sedikit.

Soto daging Pasar Kawak

Di pintu barat pasar kawak kalau kita masuk akan ada warung soto daging. Dulu jaman saya masih SD biasanya kalau ibu belanja, saya dititipkan disini sama ibu penjual soto. Sekarang sudah meninggal digantikan anaknya. Sotonya cukup enak dan harganya pun ngga begitu mahal. Anak yang nomer 2 senengnya makan di soto daging pasar kawak ini.

Bakso Kondang – JL. Setiabudi

Bakso kondang ini yang punya masih saudara dengan soto kondang. Baksonya lumayan enak, ada tetelan daging dan sumsumnya.

Bakso depan Es Bajigur

kalau ngomong makanan bakso, yang pas banget di lidah saya ya bakso ini. Biasanya mangkal di depan es bajigur. Kuahnya lain dari yang lain. ada bakso kasar dan halusnya. Kalau ngomong bakso yang paling pas di lidah saya ya ini. Bakso gerobak depan es Bajigur

lebih jauh tentang tempat makan di madiun saya tulisΒ  di part 3Β  kuliner Madioen πŸ™‚

 

Angkringan di Bali

image

Di Bali ada loh angkringan yang enak, biarpun ngga se enak di yogya atau solo.

Kalau di Yogya biasanya disebut dengan angkringan, kalau di solo HIK.
Kalau di Yogya, Solo, Surabaya banyak sekali ditemukan.
Asal warung gerobak bertenda dengan menu nasi kucing dan wedang jahe ini banyak ditemukan di Ngerangen, Bayat, Klaten. Yang berbatasan dengan Gunung Kidul. Pertama kali saya kesana sebenernya ngga sengaja. Saya diajak sama temen saya, yang punya nenek di sana. Menjelang natal saya diajak kesana. Ternyata banyak sekali gerobak2 angkringan. Dan katanya rata rata yang berjualan adalah mereka penduduk sana. Dan banyak yang menjadi juragan angkringan. Mereka mulai menjalankan bisnis angkringan dari th 1950. Dulu sih awalnya di panggul. Dan th 1970 barulah mereka memulai di yogya.

Di denpasar ada beberapa tempat yang bisa saya reff :

Angkringan komodo, di jalan pulau komodo – sanglah.
Kedai Ceret, jalan tukad yeh aya – renon. Kas banget solo, dekorasinya banyak ornamen dari jawa. Gerobak angkringan menjadi ciri khasnya. Kedai ini baru buka th 2013. Tapi sudah lumayan rame. Menunya nasi kucing, pecel ndeso kas wonogiri, dan yang paling saya suka sate ususnya.
Ada yang kas disini, pohong caramel. Enak..)

Kedai Toedjo, jalan tukad batanghari renon. Yang kas disini ada menu selat solo. Lumayan enak.

Ada juga di jalan malboro, angkringan HIK.. Dulu biasanya saya makan disini barengann beberapa temen. Tapi sudah lumayan lama ngga kesini. :

Mari kitaaaa ngangkring..

Jadi keinget temen makan di angkringan mbah punjul yogya, depan stm pembangunan..apa kabar mbah punjul πŸ™‚

Kuliner Kota Wisata Cibubur

Setiap minggu saya selalu menyempatkan sehari ke Kota Wisata – Cibubur. Bukan untuk jalan sebenernya, tapi saya selalu meluangkan waktu untuk pijat atau refleksi.
Ada banyak pusat refleksi di Kota wisata, slah satu yang paling aku senengin adalah Beijing. Tempatnya sederhana, tapi pijetannya enak. Saya dan suami biasa meluangkan waktu untuk pijet disana.

Didekat Beijing refleksiology ada beberapa tempat makan yang enak πŸ™‚

image

Es campur # garut # yang enak, isinya komplit ada kelapa, nangka, alpukat, kolang kaling, tape, dan cincau. Sirupnya asli ditambah dengan air kelapa muda untuk airnya, kalau suka boleh pakai susu. Yang jual orang Garut, Emon sampai hapal kebiasaan es yang saya suka. πŸ™‚

image

Nasi Goreng. Di dekat es campur ada beberapa stand jualan : sate ayam, nasi goreng – mie goreng – mie rebus , ada mie ayam dan bakso Purwantoro Wonogiri.
Boleh dicoba, untuk ayam lalapan dan siomay nya saya ngga pernah coba.

Kalau menjelang malam, bisa menikmati beberapa menu di dekat Hero Kota wisata. Banyak banget kuliner disana. Sate padang, lalapan sampai sea food. Dan saya suka banget dengan sea food nya.
Untuk harga boleh dikatakan standard.

Selamat mencoba πŸ™‚